Jejak Goresan Pena Seorang Pendidik Jenri Ambarita - Bijaksanalah memanfaatkan setiap kesempatan yang adad karena kesempatan yang sama belum tentu datang untuk kedua kalinya - Berjuanglah sejauh yang kamu mampu bukan sejauh yang kamu mau - ulat tidak perlu menjelaskan jika kelak akan menjadi kupu-kupu

KETIKA KENYATAAN TIDAK SESUAI HARAPAN

Jalan Tuhan mungkin bukan yang tercepat untuk kita tempuh (menurut kita), tetapi jalan yang ditunjukkan oleh Tuhan itu sudah pasti yang terbaik. Waktunya Tuhan mungkin bukanlah yang tercepat untuk kita nantikan (menurut kita), namun waktunya Tuhan sudah pasti yang terindah.Caranya Tuhan mungkin bukan yang terbaik (menurut kita), namun cara Tuhan sudah pasti baik adanya.

Siapa sih yang tidak ingin serba instan...? semua orang berharap semuanya serba instan ibarat kalau lapar langsung ada mie instan 😊. Namun, kita tidak akan pernah bisa menghindar dari kenyaataan yang harus kita hadapi. Segala sesuatu tidak bisa kita gapai dengan mudah, pasti ada harga yang harus kita bayar baik berupa materi, tenaga atau bahkan harus rela mengorbankan perasaan.

Apa yang kita harapkan, apa yang kita inginkan belum tentu akan menjadi sebuah kenyataan. Terkadang justru jauh dari apa yang kita harapkan. Banyak orang yang merasa gagal dan menyerah ketika kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Namun, bagi guru PAK Hebat Indonesia tidak ada kata menyerah sebab ada Tuhan yang berjalan di depan memberikan kemenangan.


Harapan penulis, para guru PAK Hebat tetap semangat dan semakin termotivasi dalam memajukan pendidikan Indoensia secara umum dan Pendidikan Agama Kristen secara kusus. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan dari sekarang kapan lagi? Oleh karena itu, Mari kita mulai dari kita. mulai dari sekarang untuk membawa perubahan bagi dunia pendidikan kita. Jadilah menjadi guru PAK Penggerak yang membawa dampak besar terhadap wajah pendidikan Indonesia.

Guru PAK memiliki tugas yang tidak ringan dan tentunya berbeda dengan guru umum. Harus dipahami bahwa guru PAK bukan hanya berbicara sorga dan neraka kepada peserta didik, itulah sebabnya guru PAK harus bisa membedakan antara mengajar dan berkotbah. Guru PAK juga bukan hanya berfokus hanya kepada pengetahuan akademik saja, karena itu guru PAK tidak cukup hanya memiliki Ilmu yang tinggi.

Bagi penulis guru PAK itu harus mampu memahami bahwa IMAN & ILMU merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Guru PAK harus menjadikakn Ilmu dan Iman menjadi satu kesatuan yang utuh dalam melaksanakan hal-hal yang luar biasa bagi kemajuan Pendidikan Agama Kristen Indonesia. Oleh karena itu, Guru PAK harus menyeimbangkan antara Ilmu dan Iman dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik pada abad-21.


Berbicara tentang Iman, penulis tidak meragukan iman bapa ibu guru PAK Indonesia. Masalah Ilmu juga penulis tidak meragukan kemampuan bapak ibu guru PAK Indonesia, hanya saja perlu di UPGRADE. Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama membangun kemajuan pendidikan PAK Indonesia melalui kegiatan berbagi tentang pembuatan blog pembelajaran.

Segala sesuatu yang mudah, jangan lagi dipersulit karena hidup ini juga sudah sangat sulit. Jika tidak bisa memberi solusi, setidaknya jagan memberikan beban berat bagi orang lain. Bila perlu apa yang Sulit harus bisa dipermudah karena itulah yang kita harapkan, namun bukan jadi gampangan.

Orang yang MERASA PINTAR akan membuat yang mudah menjadi SULIT agar kelihatan hebat dan waw. Namun, orang yang PINTAR MERASA akan membuat KESULITAN orang lain itu menjadi sesuatu yang MUDAH.


Banyak yang mengeluh merasa kesulitan dalam membuat BLOG dan itu sangat wajar, penulis memahami apa keluh kesah bapa dan ibu. Dalam segala keresahan hati yang bapa dan ibu alami mari kita EKSEKUSI. Bagi penulis, MISI tanpa EKSEKUSI hanyalah LAMUNAN. Penulis tidak berjanji, penulis tidak sedang melamun, tapi sedang BERJUANG untuk membuat segala sesuatu jadi mudah.

Rundown Kegiatan Pembuatan Blog Kece

  1. Bapa ibu upayakan menggunakan Laptop untuk memudahkan bapa ibu bisa praktek langsung pembuatan.
  2. Bapa dan ibu silahkan download untuk TEMPLATE KECE di sini
  3. Bapa ibu silahkan download untuk MUSIC SYAHDU di sini
  4. Kegiatan akan dilaksanakan pukul 08.00 WIB, sediakan sarapan n kopi disampingnya yah biar jagan bosan
  5. Sebagai bonus untuk bapa ibu guru, media pembelajaran Interaktif silahkan download di sini

Mari bapa dan ibu silahkan berikan saran, kritik membangun bapa ibu agar penulis bisa memahami keluhan dan kerinduan bapa ibu guru PAK yang hebat.

note : Jumat LINK Tugas dan Sertifikat akan di buka untuk BLOG


45 Komentar

  1. Merasa termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi. Terimakasih, terimakasih.🙏🙏

    BalasHapus
  2. Sangat menginspirasi bagi kami tulisannya pak jenri.. Sukses selalu dalam tugas dan kerjanya.. TYM

    BalasHapus
  3. Terima kasih Pak sudah berbagi bagi kami. Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus
  4. Terlalu baik Tuhan yang kita sembuh, Dia mengutus hamba2Nya utk berbagi ilmu, Tuhan memberkati Bapak Jenri, dlm pelayanan dan pekerjaan, Amin

    BalasHapus
  5. Terimakasih pak, sangat termotivasi. Tuhan berkati selalu😇 🙏

    BalasHapus
  6. Sangat Menginspirasi bagi kami Tulisanx pak Jenry
    Sangat Memotivasi Bagi Kami guru2 Pak untuk menjadi Lebih baik lagi.. God Bless U

    BalasHapus
  7. Tuhan memberkati Lae, Bpk Jenri Ambarita,sangat menginspirasi dan memotivasi saya utk terus berjuang..salam cerdas..🙏🙏👏

    BalasHapus
  8. Mantap pak Jenri, sangat memotivasi..Tuhan Yesus memberkati.

    BalasHapus
  9. goresan yg sangat menginspirasi.
    SARAN
    dalam penugasan, panitia jgn membatasi peserta workshop jgn dgn pola yg baku dr pemateri itu sendiri. biarkan peserta berinovasi sendiri utk mencapai target yg panitia harapkan. dan panitia memberikan panduan atau rambu2 yg wajib dicapai minimum peserta. terkait penugasan yg mewajibkan persis seperti yg dipahami oleh pemateri mungkin hal akan menghambat peserta yg pemahamannya lbh. krn K13 menjadi role model pembelajaran yg sepenuhnya memberikan kebebasan kpd peserta didik tanpa hr dibatasi oleh pendidik. namun fungsi pendidik mendampingi serta mengarahkan.

    BalasHapus
  10. Setiap goresan, saya maknai penuh dengan penghayatan. Kata demi kata saya sambut dengan hangat untuk menuntun saya lebih lagi untuk bergiat menjadi seseorang yang sangat berguna. Terima kasih pak Jenri Ambarita atas goresan dan ispirasinya yang senantiasa memotifasi kami guru PAK se-Indonesia dan secara khusus peserta PPG-PAK Dalam Jabatan Tahun 2020. Doa kami, semoga bapak semakin diberkati Tuhan dan menjadi berkat bagi setiap orang. Amin

    BalasHapus
  11. Terimakasih Pak... Sungguh goresan pena yang sangat menyentuh, karya profesional, kami belajar banyak dari kematangan emosional penulis.. Tuhan Yesus memberkati setiap goresan pena selanjutnya. Mari pak kita EKSEKUSI..

    BalasHapus
  12. Terima kasih pak Jenri untuk semangatnya..Tuhan Yesus memberkati bapak sekeluarga

    BalasHapus
  13. Terima kasih pak untuk tulisan yang sangat menginspirasi. TYM

    BalasHapus
  14. Terima kasih pak, sangat menginspirasi dan memotivasi untuk bisa dan mampu menjadi guru PAK dan BK yang hebat. Tuhan Yesus memberkati.

    BalasHapus
  15. Terima kasih pak Jendri yang murah hati. Tuhan selalu berkati bpk.

    BalasHapus
  16. Terima Kasih Pak, sangat menginspirasi

    BalasHapus
  17. Terima kasih pak, sangat memberi motivasi dan semangat, TYM

    BalasHapus
  18. Terimakasih Pak...sangat bermanfaat n menambah wawasan.Tuhan Memberkati

    BalasHapus
  19. Terima kasih pak, sangat menginspirasi saya untuk lebih baik

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. luas biasa kasih Tuhan .makasih pa jenri

    BalasHapus
  22. trima kasih bpk..memberi semangat dan inspirasi bajwa guru agama harus sllu brsha dan memberi yg terbaik.🙏🙏

    BalasHapus
  23. Terima kasih untuk sharing ilmu nya pak Jenri. Sehat selalu. Tuhan Yesus memberkati.

    BalasHapus
  24. Terima kasih pak untuk selalu berbagi ilmu bagi kita Guru PAk se indonesia. Motivasi yg bapak berikan selalu kita ingat setiap saat, selalu dimulai dengan berliterasi. Tuhan Yesus Memberkati

    BalasHapus
  25. Syalom... Terima kasih untuk ilmu yang sangat berguna ini, kami guru PAK semakin bisa dalam menggunakan media teknologi sehingga membuat siswa lebih semnagat dalam belajar. Terima kasih bpk/ibu panitia ...TYM

    BalasHapus
  26. Syalom... Mantap pak Jenri... Sukses terus ya Pak untuk selalu menjadi berkat buat orang lain...

    BalasHapus
  27. syalom pak...luar biasa, teruslah menjadi berkat

    BalasHapus
  28. pak Jendri sekalipun kedepan covid-19 akan berlalu tetapi mohon bapak melalui puspita untuk tetap menyelenggarakan wokshop virtual tentang pembuatan media2 pembelajaran terbaru atau apapun itu terkait dengan kepentingan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan teknologi/laptop, agar kami yang ada dipelosok tidak ketinggalan dengan perkembangan. Terimakasih kesabarannya dan pemberian diri menuntun dan berbagi ilmu dengan kami. Upahmu besar disorga, GBU

    BalasHapus
  29. Syalom Pa, Terima kasih atas ilmunya pa Jenri, sangat luar biasa. Tuhan Yesus memberkati. pa saya sudah mencobah untuk membuat quis dengan powerpoin namun nilai tidak bisa muncul, bagaiman caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada kesalahan dalam developernya bapa

      Hapus
  30. Terima kasih Pak Jenri untuk materinya yang sangat luar biasa, Tuhan selalu memberkati Pak dalam setiap tugas dan menjadi berkat bagi orang lain..

    BalasHapus
  31. Luar biasa materinya keren Pak... Trm ksh Pak

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Terimakasih Pak Jenri ... sangat membantu kami, untuk belajar dan belajar menjadi guru PAK yang kreatif. Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  34. Terimakasih Banyak Pag Jen. Sudah sangat menolong guru-guru untuk mengembangkan kompetensi di dunia pendidikan kita.

    BalasHapus
  35. lewat materi ini, kami belajar agar bisa menjadi guru PAK yang kreatif dan hebat.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. kerennya dirimu bang, mantap, menginspirasi dan memotivasi

    BalasHapus
  38. Sangat menginspirasi, terimakasih Pak Jendri

    BalasHapus
  39. Terimakasih pak tulisan yg menginspirasi..saya pun ingin menulis tp tdk tau hrus memulai dr mn?

    BalasHapus