Jejak Goresan Pena Seorang Pendidik Jenri Ambarita - Bijaksanalah memanfaatkan setiap kesempatan yang adad karena kesempatan yang sama belum tentu datang untuk kedua kalinya - Berjuanglah sejauh yang kamu mampu bukan sejauh yang kamu mau - ulat tidak perlu menjelaskan jika kelak akan menjadi kupu-kupu

Guru PAK yang Produktif, Adaptif, Kreatif, Inovatif dan Solutif

 Kelas adalah "rumah" bagi peserta didik dan pendidik. Di dalam rumah tersebut para penghuninya (pendidik dan peserta didik) melakukan banyak aktifitas, belajar banyak hal, serta menemukan banyak hal-hal yang baru baik itu secara langsung ataupun tidak langsung. Rumah dengan karakteristik yang baik adalah rumah yang mampu memberikan atau menghadirkan suasana yang nyaman bagi setiap penghuninya bahkan siapa saja yang datang berkunjung ke rumah tersebut.

Kelas yang baik dapat penulis gambarkan seperti judul yang telah penulis tuliskan, yaitu penuh dengan inovasi yang membuat kelas menjadi lebih semarak, aktif dan tentunya lebih bergairah. Peserta didik lebih merdeka dalam mengekspresikan kreatifitas mereka dalam belajar. Artinya, Pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik.

Guru PAK harus adaptif dengan perubahan zaman, sehingga guru PAK yang berbeda generasi dengan peserta didik tetap mampu eksis menjawab kebutuhan generasi milenial saat ini. Guru PAK harus membuka diri dengan perkembangan teknologi saat ini, kalau tidak pasti akan tertinggal.

Dengan banyak aktifitas bapa dan ibu guru PAK, baik aktifitas mengajar ataupun non mengajar bisa dijadikan menjadi sebuah karya. Guru yang produktif mampu melihat sebuah kesempatan besar dari setiap tantangan yang dihadapi, tetapi guru yang malas hanya mampu melihat tantangan besar dari sebuah peluang yang diberikan kepadanya.

Guru produktif bisa menghasilkan banyak karya melalui segala aktifitas yang dia lakukan, pendidik akan dilihat dari banyaknya karya yang dihasilkan bukan banyaknya dan pintarnya mengkritik orang lain. Kritik besar tanpa ada karya yang dihasilkan sama dengan tong kosong nyaring bunyinya (memang benar nyaring sih tapi telinga pasti sakit). 

Guru PAK yang hebat marilah tinggalkan jejak tarian pena kita melalui sebuah karya tulis yang bisa dibaca oleh banyak orang sampai generasi selanjutnya. Kini tarian jari kitapun sudah bisa menghasilkan  karya, karena dunia saat ini ada pada ujung jari kita dalam menggunkan kecanggihan teknologi.

Penulis yakin, bapa dan ibu guru PAK mampu menghasilkan karya bahkan jauh melebihi apa yang penulis bayangkan. Penulis menaruh rasa hormat kepada guru PAK yang hebat dan luar bisa dipakai Tuhan untuk menjadi alatnya dalam membentuk generasi-generasi yang berkarakter Kristus. Salam sehat, Tuhan Yesus memberkati.

Untuk pengumpulan tugas artikel, silahkan bapa dan ibu klik DI SINI


NB : Pengumpulan artikel akan kami tutup pada tanggal 11 pukul 23.59 WIB. Semua akan kami periksa baru sertifikat kami serahkan.


Mari bapa ibu, sempatkan berkomentar di blog ini, berikan tanggapan, saran dan kritik yang membangun sehingga blog ini semakin bermanfaat bagi banyak orang terutama kemajuan Pendidikan Agama Kristen di Indonesia.

salah sehat

Tuhan memberkati

43 Komentar

  1. Luar biasa menjadi berkat🙏🙏🙏

    BalasHapus
  2. Mantap Pak,,,,
    Semakin bijak, dan berhikmat dalam pemberkatan TUHAN utk jdi berkat bagi banyak orang...🙏😇

    BalasHapus
  3. Akan selalu menjadi inspiratif bg yg lain.

    BalasHapus
  4. Tulisannya sangat bermanfaat dan sangat memberikan motivasi positif bagi pembaca khususnya kami guru PAK🙏

    BalasHapus
  5. Saya harus belajar berusaha menjadi guru yang produktif. Terima kasih Bpk

    BalasHapus
  6. Mantap pak.Jenri....luar biasa.. tulisannya semakin memotivasi dan menginspirasi....TYM

    BalasHapus
  7. SANGAT SETUJU degan hasil tarian pena pak Jenri.. wkwkwkwk.. namun untuk mewujudkan itu semua, diperlukan kemauan dari hati yang dalam, yang disebut dengan upgrade ketrampilan guru itu sih pak, karena terampilan menciptakan suasana kelas seperti judul diatas itu ibarat CPU Komputer perlu dinaikkan PENTIUMnya jika komputer tersebut ingin digunakan untuk fungsi yang lebih, demikian halnya guru, kita sadar bhw kita ini terlahir memang tidak ada yang terampil alias NOL ketrampilan, namun roses berjalannya waktu, ketrampilan itu mulai terasah bagai pisau tumpul yang berubah menjadi tajam alias setajan silet jika pisau tersebut di asah hahahaha... akhirnya kejatajaman itu akan semakin memudahkan kinerja dari pisau juga untuk sipenggunanya. demikian ketrampilan guru sudah seharunya guru sadar bahwa namanya mengasah tidaklah cukup 1 kali apalagi berhenti tak mengasah. untuk itu diperlukan sebuat tekat dan komidment yang kuat untuk terus mengasahnya guna menjawab segala tantangan dlm profesinya, sebagaimana ketrampilan yg dimiliki sekarang ini, itu adalah berkat keuletan mengasah sang guru itu dahulu makanya bisa jadi seperti sekarang. hanya, apakah masih relevan ketrampilan yang dulu diasah dengan kebutuhan sekarang???? tentu tidak bukan?? olehnya.. mari kita ADAPTIF.

    sekian tarian jari saya sore ini...
    TERIMA KASIH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pa sandy😇😇😇😇komentar bapa ini sudah bisa dibuatkan tulisan pa
      Sukses selalu pa
      Bersama guru2 PAK hebat se-Indonesia

      Hapus
  8. Mantap Pak,dan terima kasih buat kesempatan waktunya 👍🙏

    BalasHapus
  9. Terima kasih pak Jenri, telah memberi motivasi kapada saya untuk menjadi pendidik yang berinovasi dan kreatif dengan menggunakan teknologi yang ada, saya tetap berharap dan menunggu webiner dari PUSPITA (pak Jenri). GBU.

    BalasHapus
  10. Kiranya Tuhan menolong kita semua untuk menjadi guru2 PAK yang produktif , adaptif, kreatif, inovatif & solutif.

    BalasHapus
  11. Terima kasih pak Jenri untuk semangatnya..Tuhan Yesus memberkati.m

    BalasHapus
  12. Terima kasih pak Jenry untuk motifasinya..Tuham Yesus memberkati

    BalasHapus
  13. Terima kasih Pak jenri telah memberi saya motivasi untuk menjadi pendidik yang kreatif dengan menggunakan teknologi yang ada.Tuhan Yesus memberkati.

    BalasHapus
  14. luar biasa pak, trimakasih sangat memotivasi saya untuk menjadi guru yg kreatif,inovatif dalam memanffatkan tegnologi.
    Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  15. Terima kasih pak jenri.. Sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru menjadi sahabat bagi siswa..

    BalasHapus
  16. Puji TUHAN.. Mks buat motivator yang bijak dan berhikmat...cermat...cepat tanggap situasi PAK Hebat se Indonesia... Tetap lah menginsfirasi pak Jenri... Salut kami memotivasi semangat membara...hidup Webinar IAKN Ambon, FIPK dan PUSPITA IAKN Ambon... Be sukses full

    BalasHapus
  17. Terimakasih pak Jenri buat tulisan-tulisan yang sangat memotivasi dan menginspirasi. Juga buat pelatihan-pelatihan yang sangat diperlukan guru Pendidikan Agama Kristen.
    Tuhan Yesus Memberkati

    Syalom

    BalasHapus
  18. Terimakasih pa Jendri, motivasinya mengajak saya mengetahui banyak hal yang harus dilakukan. Tuhan Yesus berkati.

    BalasHapus
  19. Semakin sukses ya Pak. Ini telah memberkati banyak Guru PAK. Kiranya semakin maju dalam banyak hal, dan akan menjadi berkat besar bagi guru-guru PAK di Indonesia.

    BalasHapus
  20. Nara Sumber yang sangat menginspirasi. Terima kasih untuk ilmunya selama ini Pak Jenri..

    BalasHapus
  21. Terimakasih pak Jenri buat semua arahan dan bimbingannya,terlebih saya sebagai pemula dalam penggunaan IT ini,banyak bingung nya,semangat terus ya pak.

    BalasHapus
  22. Terimakasih pak untuk terus memotivasi kami mnjadi guru PAK hebat , semoga fasilitas internet di daerah kami bisa terpenuhi dalam menunjang proses pembelajaran

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. setiap rangkaian kata sangat menginsfirasi

    BalasHapus
  25. Terima kasih banyak atas ajaran agama Kristen Tuhan Yesus memberkati bapak Amin.

    BalasHapus
  26. Terimakasih..
    Tulisannya sangat bermanfaat pak khususnya bagi kami guru2 PAK Indonesia..

    BalasHapus
  27. Luar Biasa..saya termotivasi dan terberkati Pak..Terimakasih..

    BalasHapus
  28. Mantap motivator bijak, guru hebat, sabar dan rendah hati. Sangat menginspirasi, sukses selalu dan teruslah berkarya untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan2nya luar biasa

    BalasHapus
  29. Terima kasih pak Jenri, tulisan bapak sangat menginspirasi dan keren sekali.. tetap semangat dan terus membuat tulisan yg menginspirasi.. Bravo..

    BalasHapus
  30. Trima kasih Banyak pak Jenri, atas semua Ilmu yg bapak berikan kepada kami Guru Pak Indonesia smoga kedepannya kami menjadi Guru PAK yg hebat dgn mengikuti Jejak Bapak. Tuhan Yesus Memberkati. Salam Sehat

    BalasHapus
  31. Terimakasih banyak Pak Henry ya buat tulisan tulisan Bapak di blog ,sangat memberkati dan memotivasi Saya untuk lebih berkarya di Dunia Belajar Dan Pendidikan ,Taburan Bapak untuk Guru-guru PAK tidak akan sia sia ,semuanya akan diperhitungkan Tuhan God Bless to you👍👍

    BalasHapus
  32. Terima kasih pak, untuk Tulisan di blog, dapat memotivasi kita untuk selalu berliterasi, semakin kita membacanya, semakin penasaran bacaan berikutnya. Ilmu yg kita baca menggugah hati dan pikiran kita untuk tetap berkarya tanpa mengenal capek & lelah, usia, dan juga tenaga. Selama masih ada waktu tetaplah berjuang untuk meraih masa depan yg penuh harapan, mencerdaskan anak bangsa terlebih generasi penerus kita yaitu menjadi ajak Tuhan God Bless to

    BalasHapus
  33. Christina Martalena
    Terima kasih dan luar biasa motivasi yang bapak berikan dalam setiap blog yang bapak sharing khususnya buat saya yang memotivasi saya untuk belajar, belajar, adan berusaha belajar akan pengetahuan yang saya tadinya buta teknologi menjadi melek teknologi, meskipun masih jauh dari sempurna tetapi tetap berjuang atas motivasi yang bapak berikan juga buat bapak/ibu yang lain. Tuhan Yesus memberkati pelayanan bapak dimana pun bapak melayani dan menjadi berkat.

    BalasHapus
  34. Sangat menginspiratif dan memotivasi.Selalu ditunggu tulisan berikutnya.Tuhan memberkati!

    BalasHapus